Ngigau 2 : Bersiaplah untuk hidup bebas dari tekanan, kecemasan dan ketakutan.

Rabu, Mei 08, 2013 0 Comments A+ a-


Saya baru tahu kalau Jean Paul Sartre pernah menolak hadiah nobel sastra. Alasannya : selain merasa ada yang lebih pantas, beliau juga merasa akan ada yang tersakiti. Pikiran yang menurut orang kebanyakan aneh. Termasuk saya. Tetapi bukankah orang yang ke’sediki’tan kah yang berhasil jadi juara?

Diantara banyak manusia. Beberapa memilih menjadi kaum kebanyakan. Dan tidak sedikit yang menjadi kaum yang ke’sedikit’an.

Menurut saya yang miskin ilmu : kaya kebodohan ini, memang pilihan untuk jadi kebanyakan dan ke’sedikit’an itu ada di antara kelima jari kita. Tetapi tidak serta merta kita akan menemukan kebahagiaan disana.

Kebahagiaan kita adalah hadiah dari pengorbanan kepada sesuatu. Dalam hal ini, untuk menjadi kaum yang banyak dan kaum yang sedikit.

Kata-kata saya ini jauh dari benar untuk dipercayai dan tidak saya paksakan juga anda untuk memikirkannya.

Sebaiknya kita pikirkan saja dalam akal dan hati kita masing-masing. Apa yang akan kita lakukan ketika sudah bahagia? Dan apa yang akan kita lakukan bila kita tidak bahagia.

Bersiaplah untuk hidup bebas dari tekanan, kecemasan dan ketakutan.