FB, Baik atau Burukkah ??

Jumat, Maret 19, 2010 1 Comments A+ a-

FB, Baik atau Burukkah ??
Oleh : AsW

Facebook, semua kita telah kenal dengan situs jejaring sosial ini dan hampir semua dari kita sudah punya akun facebook (kecuali satu-satu). Produk IT yang canggih ini sudah menyedot jutaan pengguna. Mulai dari anak usia 6 tahun hingga usia 55 tahun sudah punya facebook. Namun sadarkah kita bahwa dibalik situs yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini bercokol banyak hal yang berpotensi menimbulkan efek negatif, seperti yang menghangat sekarang ini. Kasus kabur dari rumah, penghinaan, pelecehan seksual bahkan sampai kasus bunuh diri.
Kasus Nova contohnya, ia dibawa lari oleh teman lelaki yang dikenalnya lewat facebook. Napitupulu, dan yang senasib dengan Nova. Bahkan yang menyedihkan, mereka mendapat pelecehan seksual. Betapa sudah bobroknya moral generasi muda bangsa ini. Kasus siswa SMA N 4 Tanjung Pinang Kepulauan Riau, mereka dikeluarkan dari sekolah karena telah menghina guru keterampilannya dengan memposting di fb. Penghinaan itu membuat sang ibu guru menjadi malu bertemu siswa. Di tingkat internasionalnya, sekitar 20 anak bunuh diri massal di China setelah menerima pesan dari grup facebooknya. Secara garis besarnya, isi pesan itu mengajak para member dari grup untuk mengakhiri hidup mereka ( anak kecil ) karena mereka merasa tertekan oleh orang dewasa.

Ya , itulah sebagian dari kasus – kasus yang berkaitan dengan facebook. Namun ada juga manfaatnya, seperti adanya grup-grup di FB yang mengajak kepada kebaikan. Lalu bagaimana seharusnya kita menanggapi hal ini??

Pertama, pandai-pandailah membagi waktu, jangan sedikitpun meluangkan waktu untuk hal-hal yang lagho. Jangan sampai lupa waktu untuk tilawah Al-Qur’an hanya gara-gara update status di FB dan sejenisnya.

Kedua, pererat tali silaturrahmi dengan sesama, sebab menurut sebuah penelitian di Harvard University, hubungan sosial secara langsung lebih efektif daripada lewat dunia maya.

Ketiga, sering-seringlah sharing dengan orang tua, guru agar tidak mudah terpengaruh hal-hal yang bersifat negatif. Dan jangan mudah terpengaruh oleh orang lain.

Keempat dan terakhir, dekatkan diri kepada ALLAH SWT, jauhi hal-hal yang bersifat lagho, buka facebook hanya untuk kebaikan saja. Dan kalau bisa berdakwahlah via facebook.

1 comments:

Write comments
31 Maret 2010 pukul 17.31 delete

menulislah..
karena bersama dia kau abadikan fikir itu.
lepaskan apa yang kau rasa. tumpahkan.
karena bersamanya kau akan hidangkan ilmu-ilmu khas manusia. jangan biarkan ia percuma. busuk dalam pusaran fikiran saja.

nice sob.
teruskanlah..
lanjutkan !!

Reply
avatar