Kemana Pendekar di Langit

Kamis, September 04, 2014 0 Comments A+ a-

Dimana tempat bertarung bagi pendekar sejati
Di kebun jati ? Atau di puncak bukit?
Dimana tempat berpuisi bagi pujangga
Di pentas lomba ? atau di atas meja?
Dimana tempat disana masa
Pendekar sejati tidak mengenal tempat
Pujangga tidak memilah masa
Pendekar ibarat pujangga pedangnya adalah kata
Pujangga laksana pendekar panahnya makna


Setiap yang bernama pasti akan dipanggil
Kecuali lupa
Setiap yang bernama pasti akan ada
Kecuali hampa
Kapan aku akan memanggil namamu dan kau ada
Dimana aku menemukanmu saat aku lupa dan hampa
Ujungnya nyawaku yang akan kau ambil
Karena setiap yang bernyawa hidup dahulu baru mati

Kemana nyawa pendekar dan pujangga akan merdeka?
Apakah dapat mereka sembunyi dari pedang panah dan makna?
Kemana suara puisi akan menggema?
Apakah ke kolong raya?
Apakah kemana
Ha?


Bagaimana bisa aku bertanya dalam pertanyaan
Harusnya jawaban yang kutemukan setelah bertanya.
Karena anak bertanya adalah jawaban, cucunya pertanyaan.
Kakekku memang suka bertanya.


Di kala bulan sabit sinarnya sedikit
Harusnya kita gembira indahnya langit
Di kala bintang bersinar
Aku duduk diatas rumput menunjuknya
Seolah disana ada namamu, harum nafasmu, indah lakumu
Bulan sabit bersinar di dekat bintang
Dekat karena kupandang dari bumi
Kau jauh karena mata namun dekat karena hati