Semulia visi, sesuci misi, seistiqamah aksi

Selasa, Maret 08, 2011 0 Comments A+ a-


Semulia visi, sesuci misi, seistiqamah aksi
Semulia visi,
Visi adalah tujuan atau orientasi yang diharapkan, yang ingin dicapai diakhir serangkaian proses. Visi adalah hakekat. Visi seorang muslim tentunya adalah visi yang mulia. Tujuan yang ingin dicapai oleh seorang muslim adalah beristirahat di surga. Tentunya lagi setelah melewati tahapan dan perjuangan serta pengorbanan besar. Alam rahim, alam dunia, alam barzakh(kubur). Visi kita sudah ditentukan oleh sang khalik, ALLAH SWT. “Dan tidaklah kami ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah kepada-Ku”.
Visi kita(muslim) telah jelas yaitu menyembah dan meng-Esa kan ALLAH dengan akidah yang lurus dan sesuai dengan tuntunan Alqur’an dan Sunnah. Selanjutnya


Sesuci misi,
Misi berarti tindak lanjut dari visi. Visi yang mulia wajib dimakmumi oleh misi yang suci, misi yang bersih, misi yang murni, bersih dan murni dari pengotor-pengotor baik lahir maupun batin. Misi hidup muslim sama asalnya dengan visi,artinya misi juga merupakan pemberian dari ALLAH SWT, sang rabbul ‘izzati. Misi seorang muslim adalah beribadah kepada ALLAH SWT. Beribadah dalam definisi seluas-luasnya. Kita seringkali  melakukan kesalahan dalam merumuskan misi kita dalam hidup, kita sering menjadikan posisi-posisi dan peran-peran yang kita inginkan sebagai misi padahal hal itu hanyalah merupakan instrumen(alat) yang kita butuhkan dalam berjuang meraih kedudukan terhormat di surga kelak.
Kita kembali kepada definisi beribadah dalam arti seluas-luasnya. Beribadah adalah kegiatan sadar seseorang dalam rangka menyembah ALLAH SWT, beribadah banyak jenisnya mulai dari Shalat, tilawah qur’an, dzikir, puasa, haji, berinfaq dan shadaqah, menuntut dan mengajarkan ilmu pengetahuan hingga memberikan senyum tulus kepada sahabat adalah ibadah. Diantara sekian banyak ibadah yang diuraikan tadi, menuntut ilmu merupakan hal yang paling urgen setelah ibadah wajib lainnya(tanpa mengesampingkan ibadah lain). Kita harus menuntut ilmu untuk bisa menyelesaikan problema dan krisis dunia ini, krisis moral, ekonomi, politik dll. . Kita harus menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh untuk kembali menjayakan Islam di muka bumi ini. Seperti yang telah dilakukan para umat pendahulu kita yang telah berhasil menguasai dan menaungi 2/3 dunia dibawah panji Islam, baik dalam aspek ilmu pengetahuan, ekonomi, kuantitas umat, politik dan geografis.
Nah, sekarang setelah kita mengetahui misi kita ini, tugas kita selanjutnya adalah memahami, menerima dan meyakini serta menjadikan misi ini sebagai pola perilaku kita. Next Take action.

Seistiqamah aksi
Aksi= gerak akibat adanya pengaruh gaya
Aksi yang istiqamah berarti gerak yang maju, dinamis, menanjak untuk meraih keridhaan ALLAH SWT.  Sebelum melangkah lebih jauh, banyak orang  salah kaprah tentang istilah aksi yang istiqamah, orang awam biasanya mengidentikkan aksi istiqamah ini dengan aksi yang konsisiten. Padahal ketahuilah saudara hal ini sungguh berbeda. Konsisten bersifat mempertahankan keadaan dan cenderung statis. Sedangkan istiqamah berarti gerak maju dengan akselerasi atau percepatan untuk memperbaiki keadaan yang dapat meningkat secara eksponensial.
Aksi kita sebagai generasi muda yaitu menuntut ilmu atau dalam istilah yang lebih umumnya “belajar”. Belajar Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Kewarganegaraan, Kesenian dan Aqidah akhlak, Sirah Nabawiyah, Fiqih, Islam Kontemporer dan Tahsin serata Tahfidzul Qur’an merupakan persiapan besar untuk mewujudkan cita-cita besar kita, mengokohkan kembali peradaban Islam seperti yang telah lalu. Selain pembelajaran sepert di atas masih banyak pembelajaran lain yang menunjang, mendukung, dan menyokong kita untuk mengokohkan peradaban, salah satu diantarnya belajar berorganisasi, sebab salah satu kelemahan umat islam zaman sekarang adalah kurangnya kemampuan pengorganisasian yang professional. Sehingga banyak umat yang terpecah belah. Belajar untuk melatih diri bertanggung jawab, menjaga muru’ah(kehormatan diri), disiplin, dan kerjasama, selain itu juga melatih skill berkomunikasi secara sopan dan santun serta menarik simpati, juga agar lisan kita menjadi lisan penyampai risalah dakwah.
Then that is time for take action. Bergerak bersama, bergerak serentak, bergerak dalam lindungan ALLAH SWT.Ikhlas karena ALLAH SWT
Semoga kita masuk kedalam daftar nama insan-insan yang dicintai ALLAH dengan Rahman dan Rahim-Nya
Selamat Berjuang !!!

(dalam semulia visi, sesuci misi, seistiqamah aksi 6 Mar ’11 23.25)