Iffah (if:seandainya, jika; fahm(paham));

Sabtu, Oktober 01, 2011 0 Comments A+ a-

“Jagalah hati,
Jangan kau kotori,
Jagalah hati lentera hidup ini.”
Apa itu iffah? Iffah adalah upaya menjaga hati dan menahan diri, seperti yang telah dinyanyikan Aa Gym tadi (ndak nyambuang do)
                Iffah secara makna berarti usaha untuk menjaga diri dan memelihara diri dan menjauhkan diri dari hal yang sia-sia makruh dan tercela.
                Dewasa ini di negeri kita banyak sekali terjadi kasus-kasus yang menyangkut masalah ketidak ampuan untuk ber-iffah; korupsi,tindakanasusila, dan lain-lain.
Selain itu bertebaran juga manusia yang tiap hari pamer aurat.
Memangnya iffah itu penting?
Tentu ,diri ini adalah titipan amanah dari Allah Swt. Jadi kita harus menjaganya sesuai dengan kehendak-Nya. Sebab amanah itu pasti akan diminta pertanggung jawabannya.(Yakin ndak ??)
Kita misalkan saja sesuatu barang milik kita dipinjam oleh orang lain, tentu kita tidak mau jikabila sesuatu barang itu tidak dijaga dengan baik bukan?
Mengapa menjaga diri itu penting?
Yang pertama, fitrah manusia, manusia dilahirkan dalam keadaan suci ,tanpa dosa. Jadi kembalinya juga  harus dalam keadaan suci pula, agar berhak kembali menjejaki surga.
Yang kedua, agar terpelihara kehormatan dan kesucian manusia. Kehormatan dan kesucian itu sangat mahal harganya, tidak dijual di toko-toko, di supermarket, di toko bagus, di kaskus dan e bay.
Yang ketiga, memenuhi perintah Allah.
Jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka
Menumbuhkan iffah (an-nur: 33)
Iman dan taqwa dalam arti seluas-luasnya (al-anfal: 29)
Rasa malu
“Malu dan iman adalah bersaudara, maka jika salah satu dari keduanya dicabut, tercabut pulalah yang lainnya.” HR AlHakim, Shahih
Ancaman-> mati dalam maksiat, neraka.
Harapan:
Ketenangan
Kenteraman
Kehormatan dan kesucian
"Bila hati kian bersih, pikiranpun akan jernih, semangat hidup yang gigih, prestasi mudah diraih."
Beriffah yuk!!!