Tips sederhana supaya kuliah lancar dan berkah. I

Senin, Februari 11, 2013 0 Comments A+ a-


Kuliah merupakan pilihan hidup setelah selesai SMA/sederajat. Saya mahasiswa semester IV di Teknik Fisika, Fakultas Teknoogi Industri ITB akan berbagi dengan kita semua tentang tips kuliah. Tips ini disusun atas kehendak sendiri dengan pengalaman serta observasi yang saya lakukan.

1     1. Tegaskan niat

Niat menjadi kunci dalam setiap aktivitas. Tanpa niat, aktivitas kita tidak akan bermakna sadar. Niat menjadi ukuran bahwa kita beraktivitas secara sadar dalam kendali akal sehat dan kontrol hati nurani.

2.  Motivasi

Kuliah yang baik dan benar dilandasi motif yang dahsyat. Motif alias alasan inilah yang saya sebut sebagai motivasi. Motivasi menjadi pemicu, detonator dalam pribadi kita. Jika motivasi kita kuat, semangat juga akan mengikuti di belakangnya. Hadiahnya, kemampuan kita akan meningkat dalam menyerap ilmu yang besebaran di kampus.

3. Rajin dan tekun

Rajin dan tekun saya batasi disini berarti serius dalam menerima materi kuliah dan berusaha memahami dengan baik. Tekun dalam mengulang pelajaran dan berlatih dengan soal-soal. Rajin dan tekun dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah.

4. Do’a dan tawakkal

Saya berpraduga baik kepada anda yang membaca ini : anda adalah manusia ber-Tuhan. Segala sesuatu itu ada pada kehendak-Nya. Dalam setiap langkah 1, 2, 3 harus disandingi dengan do’a. Berdoalah kepada Tuhan, agar setiap usaha kita dalam berkuliah di sertai-Nya. Berdoalah agar Tuhan selalu memudahkan urusan kita. Tawakkal, pasrahkanlah keputusan pada-Nya. Jika usaha sudah dilakukan, doa sudah dilafadzkan, serahkan semua hasil usaha dan hasil doa itu kepada-Nya. Yakinlah bahwa Dia akan berikan yang terbaik untuk kita. (Toh kita sudah melakukan langkah terbaik)

Untuk masalah teknis berikut: bertanya kepada dosen,teman,meminjam buku di perpustakaan, belajar kelompok, membuat catatan ganda akan dilanjut pada episode berikutnya.