Kesepakatan Perasaan Tafsiran

Sabtu, Maret 09, 2013 0 Comments A+ a-

Apa itu Kesepakatan ? ke·se·pa·kat·an n perihal sepakat; konsensus . Itulah yang saya temukan dalam KBBI.
Apa itu Perasaan ? pe·ra·sa·an n 1 hasil atau perbuatan merasa dng pancaindra: 2 rasa atau keadaan batin sewaktu menghadapi (merasai) sesuatu: 3 kesanggupan untuk merasa atau merasai: 4 pertimbangan batin (hati) atas sesuatu; pendapat:

Apa itu Tafsiran taf·sir·an n penjelasan atau pendapat (tt suatu kata, kalimat, cerita, dsb); interpretasi; hasil menafsirkan;

Apa itu Merasakan me·ra·sa·kan v 1 membiarkan (menjadikan) merasa atau merasai: 2 menikmati:

Apa itu Hormon ? hor·mon n zat yg dibentuk oleh bagian tubuh tertentu (msl kelenjar gondok) dl jumlah kecil dan dibawa ke jaringan tubuh lainnya serta mempunyai pengaruh khas (merangsang dan menggiatkan kerja alat-alat tubuh);

Apa itu Nyaman ? nya·man a 1 segar; sehat: 2 sedap; sejuk; enak:

Apa itu bahagia ? ba·ha·gia 1 n keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dr segala yg menyusahkan): 2 a beruntung; berbahagia

Apa itu Kehilangan? ke·hi·lang·an 1 n hal hilangnya sesuatu; kematian; 2 v menderita sesuatu krn hilang; beroleh malu menjadi cacat (tercela) namanya akibat perbuatan yg tidak baik (spt korupsi, penipuan); mendapat nama buruk
Apa itu bersyukur ? ber·syu·kur v berterima kasih; mengucapkan syukur:


Apa hubungannya semua ?
Kita hidup dengan banyak sekali kesepakatan. Diantara banyaknya kesepakatan tersebut tentu tidak semua orang menerimanya dengan lapang dada. Banyak kesepakatan yang dianggap melanggar keinginan-keingan pribadi dan kelompok.
Kita hidup dengan banyak sekali perasaan. Mulai dari ragu, cemas, sedih, bahagia sampai klimaksnya cinta. Dan diatasnya, gila.

Dari sekian banyak perasaan, tidak satupun yang bisa kita mutlakkan kedatangan, kehadirannya dan kepergiannya.

Kita hidup dengan banyak sekali tafsiran. Setiap kalimat, bahkan satu kata saja bisa memliki banyak tafsiran. Ada yang membuat tafsir sekehendak hati, seenak perut, ada pula yang menjaga kaidah-kaidah tafsiran logis dan sistematis.

Kita hidup dengan banyak sekali merasakan. Paling banyak merasakan kecewa, bagi sebagian orang, sedih sebagian lagi dan bahagia sebagian lagi serta hampa atau kosong untuk sebagian lagi.

Kita hidup dengan banyak sekali hormon, mulai dari insulin adrenalin ekstrogen testosteron sampai dengan oksitosin. Ada ahli yang bilang bahwa perasaan dan soal meraskan itu adalah pekerjaan hormon.

Kita hidup dengan banyak kesepakatan, tafsiran dan perasaan juga soal merasakan. Yang paling penting dari hidup adalah bersyukur. Bersyukur bahwa kita hidup dalam kemerdekaan dari penindasan fisik dan jiwa. Kemerdekaan dan kebebasan. 

Bebas dari dan bukan bebas untuk.

Kita hidup bukan hanya untuk kesepakatan, tafsiran , perasaan dan soal merasakan.

Kita hidup untuk bersyukur bahwa kita hidup dengan perlindungan yang MahaDahsyat yang tidak kita ketahui.
Beruntunglah orang-orang yang tidak memiliki apaapa karena mereka tidak akan kehilangan apa-apa, tetapi paralel , merugilah mereka karena tidak akan mendapatkan apapun.

Konon suasana hati, tidur, nafsu makan, respon seksual, emosi, kecemasan, kemarahan, dan rasa kenyang sampai rasa kasih sayang diatur oleh hormon. Ada yang disepakati bernama serotonin, ada yang disepakati sebagai adrenalin, dophamine, oksitosin dan lain lain. Jika kita mau berpikir lebih dalam, maka hormon tersebut sudah diatur oleh Tuhan Semesta Alam. Allah SWT.

Kenyamanan, kebahagiaan adalah anugerah dari-Nya maka syukurilah. 
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS 14:7)