VO2 Max itu Apa Sih ?

Kamis, Mei 15, 2014 0 Comments A+ a-

V O2 Max itu Apa sih ?



Ora



“Siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal Tuhannya”

So, What is V O2 Max ?

Kapasitas maksimal aerobik individu adalah indikator potensi aerobik untuk melakukan suatu kinerja tanpa menggunakan penyediaan energi secara anaerobic. Aerobic power, aerobic capacity dan maximal oxygen uptake biasa disebut dengan V O2 Max. V O2 Max  adalah volume maksimal konsumsi oksigen per menit per kilogram berat badan yang disingkat mL/kg/min. Konsumsi oksigen maksimum yang biasa disebut V O2 Max adalah salah satu dari indikator fitness untuk mengukur performa individu. Kemampuan mengonsumsi oksigen menentukan produktivitas kerja maksimal per satuan waktu. Semakin tinggi V O2 Max semakin tinggi pula potensi kerja yang dapat dilakukan.


Apa saja yang memengaruhinya ?

a. Cardiac output

Cardiac output adalah volume darah yang dapat dipompakan jantung permenit. Jumlahnya ditentukan oleh hasil perkalian antara stroke volume dan heart rate. Stroke volume adalah volume darah yang dikeluarkan pada tiap kontraksi ventrikel. Heart rate adalah frekuensi kontraksi ventrikel permenit yang merupakan akumulasi pengaturan otoritmiitas dan pengaturan otomatis syaraf otonom.
b.The oxygen carrying capacity of the blood

The oxygen carrying capacity of the blood adalah kapasitas atau kemampuan darah untuk mengangkut oksigen yang ditentukan oleh kadar hemoglobin di sel darah merah. Proses yang sangat diperankan oleh hemoglobin ini mulai dari pertukaran gas dan transport gas ke perifer.

c. Gradien tekanan

Kecepatan pertukaran gas meningkat jika gradien tekanan partial meningkat. Hal ini merupakan penentu utama pertukaran gas.
1). Luas permukaan
2). Ketebalan membran
3). Koefisien difusi
4). Kemampuan otot untuk menggunakan oxygen yang disediakan

Bagaimana cara mengukur V O2 Max ?
Salah satu alat ukur V O2 Max adalah metode Cooper Test. Metode ini cukup sederhana, tanpa biaya yang mahal dan akurasinya bagus. Peserta tes melakukan lari/jalan selama 12 menit pada lintasan lari sepanjang 400 meter. Setelah waktu habis jarak yang dicapai oleh atlet tersebut dicatat.

Rumus sederhana untuk mengetahui V O2 Max nya adalah : Jarak yang ditempuh dalam meter – 504.9) / 44.73.
Contoh : Seorang pemuda sebut saja namanya Luhung melaksanakan Cooper Test dengan lari selama 12 menit, jarak yang dicapai (3000 meter – 504.9) dibagi 44.73 = 78,13 mL/kg/min
FYI : Christian Ronaldo itu V O2 Max-nya 75, Aubameyang 78, Lance Armstrong 83.