14 Mei 2014 Rabu

Kamis, Mei 15, 2014 0 Comments A+ a-


Bagian Pertama

Alhamdulillah hari ini hari Rabu kan? Tanggal 14 Mei 2014. Aku akan bercerita lagi kepadamu. Hari ini aku baru bisa tidur pukul 7 pagi Waktu Indonesia Bagian Barat (WIBB). Mengapa demikian? Aku sendiri tidak tahu alasannya, yang jelas tadi malam aku tidak bisa tidur karena memang belum mengantuk. Aku melakukan kegiatan menonton situs terkenal youtube.com. Salah satu tempat hiburanku  di dunia. Terlebih lagi jika aku sedang mempunyai kuota internet yang cukup banyak.

Awalnya aku hanya menonton Virzha peserta Indonesian Idol tereliminasi. Kemudian karena di sebelah kanan banyak preview yang menggoda aku juga meng-klik mereka bergantian. Aku mendengarkan dia, Husein dan Titi DJ ber-trio membawakan lagu Cinta Mati ft Ahmad Dhani juga. Kemudian mendengarkan sekaligus melihat Nowela menyanyikan lagu rock favoritku Black Dog dari Band Led Zeppelin. Kemudian Once dengan anaknya menyanyikan lagu Queen. Kemudian suasana jazz dari Indra Lesmana ft Titi DJ dengan tembang sejuta umat : Ekspresikan. Kemudian Queen Lagi di cover oleh Once : Killer Queen, Bohemian Rhapsody, We Are The Champion, Under pressure dainri Yuka kontestan Indonesian Idol, dan yang sempat saya download lagu Manusia, Ahmad Dhani ft Indra Lesmana. Indra Lesmana menunjukkan kualitasnya dalam bermain keyboard dan banyak lagi. Intinya aku menghabiskan malam ini bersama youtube tanpa kopi susu dan kue pancung. Cuma sebotol fanta merah rasa stroberi.

Malam ini aku tidak membaca buku karena ya aku sedang menonton.

Tiba-tiba saja aku teringat dengan salah satu kekasihku sejak tahun 2009 lalu. Aku sengaja membuka situs qwords.com dan menanyakan kabarnya. Inti dari percakapanku dengan sang operator penyedia jasa hosting domain ini adalah kekasihku itu sudah kadaluwarsa, expired sejak 26 Februari  2014 jadi perlu di-upgrade alias didaftarkan baru. Sudahlah, nanti siang juga akan aku daftarkan.  Sekadar info saja bagimu, kekasihku itu namanya asra10.com. Tempatmu membaca tulisan hasil kegiatanku ini. Rencananya akan kuganti jadi asrawijaya.com. Aku tak sengaja mengantuk. Kulihat jam dinding sudah menunjukkan pukul 7. Aku tertidur.

Sebelum jam 7, aku sudah memasak untuk bekal makan siang dan sore. Aku memasak martabak mie rasa rendang. Aku akan menjelaskan resep dan metode yang kupakai. Begini :
1.       Siapkan Bahan
2.       Panaskan minyak goreng
3.       Goreng
4.       Bolak-balik
5.       Angkat
6.       Tiriskan minyaknya sambil nunggu dingin
7.       Makan
8.       Simpan sisanya untuk sesi berikutnya

Bahannya adalah mie goreng rasa rendang yang sudah direbus, 3 butir telur ayam mentah, 2 siung bawang merah, sambel tomat, merica dan garam sesukanya. Caranya adalah campur semua adonan menjadi satu. Tentu telur ayam sudah terlebih dahulu dibuang cangkangnya dan bawang diiris-iris tipis. Kocok. Maka itulah adonan yang siap goreng.

Suara cempreng tetanggaku membangunkan aku yang sedang asik tidur. Diriku yang belum siap untuk bangun kemudian tidur lagi dengan pura-pura tidak mendengar teriakannya. Jam 9.15 pagi, seperempat jam sejak Hamson membangunkan, aku bangun dan mencuci muka. Ganti baju dan celana lalu bersepeda ke kampus. Ada tugas yang harus dikerjakan, tetapi bukan KO lagi beda. Sekarang DST : Desain Sistem Termal.

Aku tiba dikampus jam 9.45 Pagi. Lima belas menit sebelum ujian dimulai. Belalang tempurku aku ikat di tiang koridor FTI supaya tidak lari dan tidak dilarikan orang lain. Sebelum sampai di tempat parkir ini, aku sempat singgah di KKP di dekat ATM Center di depan boulevard untuk membeli kopi (Karena tadi mailam aku Cuma minum fanta). Kuambil Kopiko 78 derajat celcius dari dalam lemari pendingin. Kopi ini dingin dan enak diminum (gak tau ya kalau aman di lambung atau tidak yang jelas aman diminum karena sudah dibayar). Lain kali aku akan membelinya lagi.

O ya, aku ingat lagi bahwa tadi malam aku membaca sebuah blog mahasiswa itb. Dia bilang bahwa sebagian mahasiswa di kampus ini masih mencontek dalam ujian. Bahkan sadisnya, ada juga oknum pengawas yang membantu mengerjakan ujian dan memberikan kemudahan untuk open book dan open all, sampai internet dengan si Google yang serbatahu boleh dibuka. Padahal menurut pendapatnya (si penulis blog) pengawas ujian yang biasanya adalah asisten Dosen itu tidak punya hak utuk memerintahkan hal-hal yang khusus saat ujian. Tapi katanya lagi tidak semua mahasiswa begitu masih ada sebagian lagi yang jujur dan tidak mencontek saat ujian, merekalah yang menurutku mahasiswa yang baik dan benar yang berhak untuk menjadi pelurus bangsa Indonesia ini. Saat aku menulis kalimat terakhir ini Nina pengawas ujianku mengingatkan,” Waktunya 15 menit lagi ya”. Artinya ujian ini akan segera berakhir dan aku akan ke cisitu untu  mendaftarkan blog pribadiku.

Bagian Kedua

Aku membelah jalan antara gedung gku timur dan gedung elektro dengan sepeda biruku. Kemudian karena jalan yang di timur ditutup karena ada perkerjaan proyek. Aku belok kiri melewati perpustakaan dan laboratorium mekanika tanah kemudian lurus lagi belok kanan menuju gerbang belakang gedung SBM. Lalu melaju menuju cisitu tempat kantor Qwords berada. Setelah bercuap-cuap dengan mbak manis costumer service aku membayar sembilan puluh sembilan ribu rupiah atas jasa service yang akan diberikan selama setahun kedepan. Setahun seratus ribu kurang seribu cukup terjangkau menurut kondisi keuangan dalam dompet yang ada ada dalam sakuku. Jasa parkir domain ini akan membuatku menjadi punya yang baru lagi di asrawijaya.com.

Lalu aku pulang menuju kosan tercinta kujaga dan kubela dan kusapu jika kotor kutiduri jika mengantuk kukentuti bila masuk angin.

Aku langsung menyalakan laptop sesampai di kosan dan meyolokkan modem usb dan mengakses situs blogger.com untuk mengalihkan alamat blog pribadiku menjadi asrawijaya.com. sesudah itu aku langsung tertidur, tidur siang karena mengantuk.

Aku terbangun pada pukul enam magrib. Lalu mengajak tetanggaku Hamson untuk makan malam. Kamu masih ingatkan aku punya stok martabak mie rasa rendang? Ya aku menggorengnya lagi supaya panas dan enak disantap. Kemudian kami membeli nasi putih dan sayur asem. Sayur ini terdiri dari labu siam, kacang panjang yang dipotong pendek, kacang merah.

Kamipun makan malam berdua sambil menonton TV. Ngalor-ngidul tentang capres dan cawapres dan koalisi partai-partai di Indonesia menjelang pemilihan umum presiden.

 


















Aku jadi ingat gambar ini yang dibuat oleh Pidi Baiq.
Partai Besar Rakyat Tidak.

Ini diketik pada malam hari sambil mendengarkan acara Mata Najwa yang serius dan kemudian dilanjut dengan ILK yang lebih serius. Bagian satu itu ditulis saat ujian DST.