di museum affandi

Kamis, Januari 14, 2016 0 Comments A+ a-


Panas kehilangan kedinginan
Mengantar pejalan ke museum affandi
Masuki galeri-galeri
Pandangi lukisan-lukisan
Affandi seorang narsis
Aku juga mesti
Sebab diri
Adalah titik awal
Dan tujuan kehidupan
Lukisan bukan hanya cat, kuas, dan kanvas
Ia bukan meniru kehidupan
Bukan cuma ketelanjangan dan kehidupan
Lukisan adalah wujud proyeksi diri dalam diri yang memancar
Angin berembus pelan dingin dan rahasia, menyapu permukaan tubuh
Galeri dingin bukan karena AC, tetapi karena matahari di luar sana
Affandi hidup kembali setelah sebelumnya kudapat kabar bahwa ia mati,dalam ekspresi dan impresi, afandi mewujud, aku tak dapat konfirmasi apa yang sudah kasyaf dan tajalli hingga macam begini hadirnya tubuhnya yang menguasi
Afandi kau masa lalu yang gembira
Sinar yang merambat  dari jauh dan kini sampai padaku sebagai manusia teladan
Afandi kau masa lalu : lukisanmu sampai beribu dan aku masa kini yang takkan pernah tahu apa aku kan sampai padamu, itu tak terlalu masalah, sampai aku tak ingin hanya sekadar sia-sia

Jogja, 2016