Seri Iwan dan Keluarga Kebunnya #6 Monolog Udara

Sabtu, Agustus 08, 2015 0 Comments A+ a-

Udara
 
Akulah keisitimewaan yang dipunyai oleh planet yang dinamai bumi ini. Kata manusia, aku adalah sumber utama adanya kehidupan disini. Tanpa udara mustahil ada penghuni bumi. Aku ditemukan dimana-mana tetapi bukan dimana saja. Aku tidak ada di dalam kaca, di dalam besi dan di dalam batu akik. Aku ada di air, di tanah dan dimana-mana.


 
Semua makhluk hidup membutuhkanku.  Udara seperti nama kaumku. Akan tetapi mereka juga membagi kami menjadi beberapa nama berdasarkan sifat-sifat kami. Ada yang mereka namai nitrogen, oksigen, karbon dioksida, hidrogen dan lain-lain.
 
Aku bergerak bebas sebebas-bebasnya. Akan tetapi aku tetap harus mengikuti hukum alam itu. Aku hanya boleh berjalan dari tekanan yang lebih tinggi ke yang lebih rendah. Sama seperti air dan tanah aku tidak dapat diciptakan dan tidak bisa pula dimusnahkan.
 
Aku menjadi gudang bagi siapa saja makhluk hidup yang membutuhkan. Bagi manusia mereka perlu oksigen untuk bernafas. Sedangkan bagi tetumbuhan
aku adalah pemberi karbon dioksida untuk memasak makanan. Selanjutnya manusia membuang karbon dioksida dan tumbuhan melepaskan oksigen dan
kemudian mereka saling bertukar.